top of page
Search

Accounting corner: Ringkasan perbedaan financial lease dan operational lease

Financial lease dan operational lease adalah dua jenis perjanjian sewa yang berbeda dalam konteks pembiayaan aset. Berikut adalah perbedaan utama antara keduanya:


Tujuan


Financial Lease: Tujuan utama dari financial lease adalah pembiayaan. Dalam financial lease, penyewa (lessee) biasanya mengambil aset tersebut untuk jangka waktu yang lebih lama dan pada akhir periode lease memiliki opsi untuk membeli aset dengan harga yang sudah ditentukan.


Operational Lease: Tujuan utama operational lease adalah menyewa aset untuk penggunaan sementara. Penyewa hanya menggunakan aset tersebut untuk jangka waktu tertentu dan tidak memiliki opsi pembelian pada akhir periode lease.


Pengakuan Aset


Financial Lease: Dalam financial lease, aset biasanya diakui sebagai aset penyewa di neraca karena penyewa memiliki hak atas aset tersebut selama periode lease. Ini juga berarti penyewa harus mengakui kewajiban hutang untuk pembayaran sewa.


Operational Lease: Dalam operational lease, aset biasanya tidak diakui sebagai aset penyewa di neraca. Penyewa hanya mencatat biaya sewa pada periode yang relevan.



Pemeliharaan dan Tanggung Jawab


Financial Lease: Dalam financial lease, penyewa biasanya bertanggung jawab atas pemeliharaan dan perbaikan aset karena aset tersebut dianggap sebagai milik penyewa.


Operational Lease: Dalam operational lease, pemeliharaan dan perbaikan aset biasanya menjadi tanggung jawab pemilik aset (lessor).


Opsi Pembelian


- *Financial Lease*: Pada akhir periode financial lease, penyewa biasanya memiliki opsi untuk membeli aset dengan harga yang sudah ditentukan atau nominal.


- *Operational Lease*: Pada akhir periode operational lease, penyewa biasanya tidak memiliki opsi pembelian. Aset dapat dikembalikan kepada lessor atau perjanjian lease dapat diperpanjang.


Durasi


Financial Lease: Financial lease cenderung memiliki jangka waktu yang lebih lama, mirip dengan kepemilikan aset.


Operational Lease: Operational lease memiliki jangka waktu yang lebih pendek dan biasanya berkaitan dengan penggunaan aset dalam proyek atau kegiatan tertentu.


Kedua jenis leasing memiliki keuntungan dan pertimbangan yang berbeda, tergantung pada kebutuhan dan tujuan bisnis.


Financial lease lebih cocok untuk pembiayaan jangka panjang sementara operational lease cocok untuk penggunaan sementara atau jika Anda ingin menghindari kepemilikan aset.


Pilihan antara keduanya akan bergantung pada strategi keuangan dan operasional perusahaan Anda.

26 views0 comments

Comments


bottom of page